Potong Rambut buat Si Keriting

12:25 PM

Hai Kitings! Maaf ya, lama nggak nongol. Setelah setengah tahunan, gue kembali untuk bercerita soal potongan rambut gue yang baru: The Pixie. Emang bisa rambut keriting di Pixie? Huney... Yaaaas! Yang lo butuhkan cuma: foto inspirasi, hairdresser yang handal, dan sedikit keberanian! Kalau lo nggak punya hairdresser kepercayaan dan tinggal di Jakarta, keep reading! Gue bakal kasih tau hairdresser rekomendasi gue.

1. Foto Inspirasi

Lo bisa nemuin ini dimana-mana. Di potongan rambut abang-abang di pasar, atau yang lebih gampang cari di instagram. Sesudah lo ketemu gaya yang lo suka, bayangin, pikirin (berhari-hari), tanya temen, atau kalau elo punya sejumput keberanian yang lebih banyak dari cewek-cewek lain, langsung aja ke salon.

Untuk membantu hairdresser elo nentuin potongannya, pastikan foto ini diambil dari sisi depan, samping dan belakang. Yang lengkap ya, bok...!

Berikut adalah favorit gue:





Kalau lo mau nyari di Instagram, coba search #CurlyPixie atau liat beberapa user favorit gue:

A. The Cut Life 

Di akun ini lo bisa liat segala macem jenis potongan pendek, keriting atau lurus. Flawless looks kaya gini...

photo by @nymphv as published by TheCutLife

B. Curly Hair Killas

Di akun ini lo bakal di banjiri foto cewek-cewek cantik berambut keriting dengan segala potongan dan warna. Liat shape dan layering dari potongan sebahu yang ini deh. Simple, rapih, fresh.
photo by @sheislaurenbreanne as published by CurlyHairKillas

C. Curly Natural

Atau disini, buat sekalian liat produk-produk alami buat ngejaga rambut keriting lo.
photo by @unselfish_love as published by CurlyNatural

D. Chris Weber hair

Sekalian, kalau mau nyari inspirasi buat warnain rambut
photo of @sararmstrong as published by ChrisWeberHair

2. Hairdresser Terpercaya

Ini penting banget. Karena, apa gunanya marmer bagus kalau bukan di tangan pemahat yang handal? Tips nemuin hairdresser:
  1. Tanya-tanya temen keriting lo. Kemungkinan, kalau temen keriting lo udah punya langganan, berarti hairdressernya cukup terpercaya dong?
  2. Kalau lo nggak punya temen yang keriting, dan harus mencari tau sendiri... Coba pergi ke salon yang cukup ternama, lalu tanya hairdresser mana yang sering pegang rambut keriting. 
  3. Ajak dia ngobrol. Tanya rambut-rambut keriting kaya gimana yang pernah dia potong. Rata-rata modelannya kaya gimana? Lalu, konsultasi potongan lu. Tanya dia, cocok gak sama rambut lo dan bentuk wajah lo. 
  4. Kalau lu mulai percaya dengan credentials-nya. Test terakhir adalah tanya gimana cara dia motong rambut keriting. Kalau dia bilang, "ai potong waktu basah, terus kita blow, baru ai rapihin lagi" TETOOOT. Itu jawaban yang salah. Pastikan dia ngerapihin potongan kedua-nya sambil dia ngeringin rambut keriting lo, tanpa di lurusin. Karena, lo harus liat hasil jadi rambut lo dalam kondisi sehari-harinya. Unless, lo bakal lurusin rambut setiap hari.
Sebenernya lebih banyak lagi tips pergi ke salon buat Si Keriting, tapi tunggu post selanjutnya yah! Yang penting, dalam hal nyari hairdresser baru, lo harus tau apa yang bakal Si Hairdresser lakuin dan lo percaya sama tekniknya.

Kalau lo belum juga ketemu hairdresser terpercaya, coba ke hairdresser gue deh. Namanya Mas Muntari. Kehebatannya sama dengan terangnya mentari (ehe). Dia kerja di Ana Wijaya Salon di Mal Ambassador, Jakarta. Kalau lo kesana, bilang sama dia kalau "Mas di rekomendasi sama temenku namanya Johanna. Anak cinere..." Gituh. Kayanya dia cuma inget kalau gue anak cinere. Hahaa!

Potongan rambut pertama gue sama Mas Muntari di Ana Wijaya (Oct 2014)

3. Keberanian

Yang satu ini nggak bisa gue ajarin. Tapi, kalau lu masih dibawah umur, tanya sama orang tua lo "boleh nggak aku potong ginih?" atau kalau lu punya suami, "sayang... keren kan potongan ini?" Karena, opini mereka cukup penting buat kelangsungan uang jajan lo atau belaian-belaian sayang lo, kan?

Jangan sampai pas si pacar liat rambut baru lo, dia malah ngomong, "Kok, kamu mirip adik cowok ku?" Hal ini beneran kejadian ke gue, walau bukan sama pacar.

Kok kamu tega, Mas!
Pixie cut is all about the attitude. Lo bakal keliatan lebih tough, dan lebih androgynous. Potongan rambut ini penuh karakter. Jangan sampai personality lo malah jadi kalah saing sama rambut lo! Siap-siap ganti wardrobe juga yah. Biar look-nya se-su-way. Nih, some fashion inspiration while we're at it. So many options!

Go dark and chic

Go twiggy and mod

Go cute and nerdy

4. Share!

Setelah mengenal tangan ajaibnya Mas Muntari, gue akhirnya memberanikan diri untuk potong pixie. This was my second cut with him, and he did not fail me. Memang butuh waktu extra untuk mempercayai seseorang buat ngutak-ngatik rambut lo. Dan gue sangat beruntung bisa ketemu Mas Muntari tanpa perlu menangisi nasib rambut hancur.

Potongan Pertama - Oct 2014

Potongan Kedua versi blum mandi 3 hari - April 2015
Potongan Kedua versi baru cuci rambut

Comment and share if you like this post! Smoga banyak membantu :)

More Curly Stories

5 comments

  1. Merek pelembab yang cocok untuk rambut keriting supaya gak terlalu ngembang2 gak jelas gitu apa ya mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku tau banget rasanya rambut ngembang-ngembang gak jelas! Minta di borgol banget gak sih... Huahuaa. Coba baca post yang http://bouncesandcurls.blogspot.com/2015/06/cara-merawat-rambut-keriting.html ya... Karena yang menyebabkan rambut ngembang-ngembang itu bisa macem-macem. Dari cara nyuci rambutnya, sampai kebanyakan handukan dan sisiran.

      Kalau merek leave-in conditioner, aku pakai TIGI Ego Boost. Teksturnya rada kaya gel tapi lebih cair. Karena aku nggak suka rambutnya keliatan basah dan crunchy, aku pakai sedikit; cuma satu pump.

      Kalau belum ketemu leave-in yang pas, aku saranin pakai conditioner favorit kamu dulu saja. Nggak perlu banyak-banyak, seukuran koin 100 perak juga cukup. Lalu dengan halus remas-remas ke rambut yang masih basah-sah-sah. Tinggal tunggu sampai kering deh. Conditioner yang menurutku gampang di dapat dan cukup oke adalah Dove dan Herbal Essences.

      Kalau rambutnya masih suka memberontak, coba pakai gel sedikit.

      Semoga membantu! Nanti kasih tau gimana hasilnya yah... :)

      Delete
  2. Kalau masih basah masih tampak teratur, tapi setelah kering udah berontak. Dan aku gak pernah sisiran karena akan membuat rambut semakin mengembang. Aku juga gak terlalu banyak handukan n nyuci rambut juga selalu satu arah. Emang jenisnya begitu kk turunan dari gen bapak. . .he he he Boleh juga dicoba merek yang kk saranin. (Supaya rambut gak diborgol terus modenya).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cewekkk, kamu menang giveaway di blog ini lohhh. Contact me please, i'll send you the goodies. Mereka udah nggak sabar ketemu pemiliknya :)

      Delete
  3. Terima kasih mbak sarannya, saya baru aja mulai lagi manjangin rambut asli, selama ini bondingan soalnya

    ReplyDelete

Popular Posts

Instagram