Conditioner 101: Silicone ngerusak atau nggak?

2:39 AM

Curls: If the Queen can work it, so can you!

Pas gua ngelakuin research buat produk-nya rambut keriting, ada sebuah debat tentang conditioner yang make Silicone. Banyak kiting-kiting yang udah menajiskan Silicone, tapi ada juga yang seneng dengan zat ini. Nih gua jelasin apa masalahnya ya..

Yang paling utama adalah, Silicone ini nggak ngasih dampak yang permanen di rambut. Dia cuma kasih sebuah layer di helai rambut lo, supaya lebih glossy, mudah disisir, dan kelihatan tebal. Kalau rambut lo tipis-tipis gitu, Silicone bisa memberi ilusi volume (karena helai rambut lo jadi lebih tebel). Sedangkan, kalau kebanyakan Silicone rambut lo bisa keliatan minyakan. Untungnya, karena Silicone ini cuma 'nempel' di rambut lo doang, theoritically, dia bisa hilang sewaktu-waktu. Karena Silicone ini abis manis sepah dibuang, say.

Silicone sendiri, ada 2 macem, guys. Satu yang bisa hilang tercuci air, yang satu lagi yang nggak bisa hilang hanya dengan air. Nah, yang nggak bisa move-on ini yang suka jadi masyalah. Kebanyakan memakai produk ber-Silicone bisa bikin rambut lo jadi berat, dan akhirnya rada lengket (trust me, i've been there). This is what is usually called a "product build up," and that ain't sexy.

Yang bisa ngebersihin rambut lo dari Silicone ini adalah produk dengan sulfate (sejenis garam yang acidic). Sayangnya, sulfate di shampoo bisa bikin rambut keriting kita jadi makin kering. Nah, ini lah yang jadi dillema gua. Apakah gua mau menukarkan kelembutan rambut dalam satu bulan, dengan kelengketan di minggu-minggu akhirnya? Eeww.. No!

Tentunya, kalau ada masalah, ada solusi dong. Denger-denger, "Cocamidopropylbetaine" adalah sebuah jenis sulfate yang nggak terlalu keras. Shampoo yang punya bahan ini bisa digunakan buat ngilangin Silicone build-up. Jadi, kalau lu bisa hoki dan dapetin produk ini, please ngobrol2. Karena gua sendiri belum nemu.

Silicone cukup mudah hilang dengan air:

Behenoxy Dimethicone
Stearoxy Dimethicone 
Hydroxypropyl Polysiloxane, atau 
yang depannya ada PEG, or PPG

Silicone yang nggak bisa hilang dengan air:

Dimethicone
Cetyl Dimethicone
Cetearyl Methicone
Dimethiconol
Stearyl Dimethicone
Amodimethicone
dan yang namanya super panjang tapi tetep aja belakangnya ada "cone": Trimethylsilylamodimetheicone 


Pilihannya ada di tangan lo, tapi buat gua, sampai saat ini masih susah nyari conditioner yang Silicone-Free di Jakarta. Jadi, gua pilih yang paling nggak ngeberatin aja, sih.. Kompromi jadi jatuh ke shampoo. Gua cari yang sulfate free untuk regular use. Lalu, sekali-sekali pake yang ada Sulfate-nya, tapi langsung di doping dengan hair mask, sambil elus-elus "sabar ya" ke rambut.

More Curly Stories

0 comments

Popular Posts

Instagram