7 Jenis Tekstur Rambut Keriting (GIVEAWAY!)

10:36 AM



Agak sulit membahas rambut keriting dalam bahasa indonesia karena katanya kamus besar keriting itu hanya berarti "ikal kecil-kecil." Padahal, bentuk keriting itu lebih bervariasi dari sekedar ikal. Plus, tiap jenis tekstur membutuhkan cara perawatan yang berbeda. Baca sampai akhir untuk mengikuti kontes berhadiah, ya!

Pertama, yuk kita cari tahu jenis rambut keriting kamu. Coba pergi ke depan cermin, perhatikan rambutmu, lalu ikuti questionare ini. Mari!

1. Seberapa berdempetan gulungan ikal mu? How tight is your curl?

Rambut tipe pertama adalah rambut lurus. Kita tau bentuknya: lurus. Perlu kah kita membahas ini? Tidak. Hahaa~

Yuk, lanjut ke Tipe ke-2 yaitu Rambut Berombak. Rambut tipe ini tidak menggulung, dia berbentuk seperti huruf U yang bergandengan. Shafira dari Net TV memiliki keriting bertipe 2C.

Tipe ke-3 adalah Rambut Ikal. Ini jenis rambut gue; helainya saling menggulung seperti huruf O yang bergandengan. Ukuran gulungannya bisa dari ukuran slinky (mainan yang kaya per berwarna pelangi itu loh. Mana suaranya anak tahun 90-an!) sampai ukuran pembuka botol wine/corckscrew. Artis indonesia yang memiliki rambut keriting tipe 3B adalah Dea dari band Hivi, 3C dimiliki oleh Blogger Agnes Oryza dan Giring Nidji.

Tipe ke-4 adalah Rambut Kribo. Basically, rambut ini seperti tipe ke-3 yang super-saiyan hyper. Bentuknya bisa huruf S atau huruf Z. Tiap keriwelnya berdempetan dan sangat ketat. Ukurannya gulungannya bisa sekecil pegas di pen ballpoint. Saat kering, rambut ini bisa mengkerut/shrink sampat 75% dari panjang aslinya. Edi Brokoli dan Arie Kriting memiliki rambut tipe 4A. 

Semakin ketat dan berdempetan keritingmu, semakin butuh kelembapan.

Berikut adalah diagram untuk membantu kamu menentukan bentuk mana yang paling mirip dengan keriting-mu.


2. Seberapa lebat rambutmu?

Tenang, gue nggak akan suruh kamu untuk menghitung jumlah helai rambut per cm kuadrat. Di kira-kira saja. Kalau kamu bisa dengan mudah melihat kulit kepalamu, berarti rambutmu tidak lebat. Jika sangat sulit untuk melihat kulit kepala, berarti rambutmu lebat.

3. Seberapa besar helai rambutmu? Halus, biasa, atau tebal?

Tekstur helai rambutmu akan menunjukan kekuatannya. Jika helainya halus, berarti rambutmu akan lebih mudah patah dari pada mereka dengan helai rambut yang lebih tebal. Rambut gue sendiri berjenis halus. Makanya gue nggak pernah iket rambut dengan karet rambut berbahan plastik. Itu rumus sakit kepala karena rambut ketarik dan patah dimana-mana.

4. Seberapa mudah rambutmu menyerap kelembapan?

Ini dilihat dari kutikula rambutmu. Test mudahnya: angkat 1 helai rambutmu, lalu slide jari kamu dari ujung atas sampai ke kulit kepala. Kalau kamu merasa bumps atau benjolan-benjolan kecil, artinya rambutmu memiliki kutikula yang terbuka yang membuatnya mudah menyerap kelembapan. Jika rambutmu terasa smooth-smooth aja, artinya kutikula mu lebih tertutup dan lebih sulit menyerap kelembapan. Kalau kamu sering nge-blow dan mewarnai rambut, kamu akan merasa bumps yang berlebihan. Itu karena kutikula kamu sudah banyak bolong. Akhirnya rambut kamu cepat menyerap kelembapan dan cepat juga mengeluarkan kelembapan.


Dengan variabel sebanyak ini, kebayang dong seberapa banyak perbedaan antar keriting gue dan keriting kamu. Semuanya jenis rambut itu indah. Kamu hanya butuh mengenal kebutuhan rambutmu sendiri.

Di post berikutnya, kita akan ngebahas cara merawat rambut sesuai dengan jenis keritingnya. Stay tuned!



Kontes Berhadiah! Coba tebak artis-artis dibawah ini punya tipe keriting apa. Leave a comment, satu orang dengan jawaban yang benar bakal gue kirimincurly goodie bag! :)



Dari kiri ke kanan: Charli XCX, Lorde, Mira Lesmana, Solange

Leave a comment, and i'll pick 1 winner for the contest. Good luck!

More Curly Stories

23 comments

  1. Replies
    1. Pake nomor-nomornya, Guh! 2A or something like that ;)

      Delete
  2. Saya juga keriting kk...no 2C tipenya keras dan kaku banget, jadi bawaannya ngembang...:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nonton ini deh, darling. Membawa pencerahan soal ngurusin rambut keriting! https://www.youtube.com/watch?v=EIf5MRTwi48

      Delete
  3. Replies
    1. Surya Ningsiiii, kamu menang GIVEAWAY-nyah! Kirim alamat kamu ke e-mail ku: johannawatt(at)gmail.com, yah. Nanti kita obrolin apa yang aku kirimin ke kamu! :)

      CONGRATS!!
      Johanna

      Delete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. Hai kaka. Makasih share nya. Oh iya tetep ditunggu ya post an perawatan untuk masing2 tipe rambut. Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai ruth! Makasih ya udah baca. Bakal gue tulis soon, yah. Tipe rambut kamu yang mana ? :)

      Delete
    2. Aku gak tau tipe rambutku apa. Soalnya rambutku kalo kering sangat ngembang, jadi keritingnya gak kebentuk dan gak keliatan. Hanya berujung dengan mengikat rambut tapi kalo lagi basah sih keritingnya terlihat. Hehehe. Oh iya ka katanya ada minyak khusus buat rambut kering supaya rambutnya kebentuk ya keritingnya? Benarkah? Kalo bener aku boleh tau merk nya apa dan beli dimana. Makasih sebelumnya. Hehehe

      Delete
    3. Kalau rambut kamu kering, selain pake kondisioner, seminggu sekali pake maker rambut deh. Ada macem-macem kok, yang dari Pantene pun oke. Aku pake Art Vruits yg Orange beli online di Buka Lapak.

      Dengan ngembaliin kelembapan rambut, tekstur keriting kamu bakal balik pelan-pelan. Trus, soal minyak, coba pake minyak kelapa klo nggak argan oil, tapi jangan kena kulit kepala ya.

      Delete
  6. Hai mba Johanna bantuin aku juga dong Janis rambut ku yg mana.. Soalnya aku jadi bingung sendiri liat rambut keriting ku nih...
    Cause,Kalo pas tektur rambut ku Ketika basah n pas kering bed banget. N rambut ku cenderung banyak... N bantuin juga Janis potongan rambut yg pas buat ku ya Mba..
    Thank you..

    ReplyDelete
  7. Hai mba Johanna bantuin aku juga dong Janis rambut ku yg mana.. Soalnya aku jadi bingung sendiri liat rambut keriting ku nih...
    Cause,Kalo pas tektur rambut ku Ketika basah n pas kering bed banget. N rambut ku cenderung banyak... N bantuin juga Janis potongan rambut yg pas buat ku ya Mba..
    Thank you..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mon!

      Emang rambut keriting pas basah dan kering bisa keliatan beda banget. Malahan ada juga yang pattern keriting bagian luar, dan pattern yang di daerah deket leher berbeda. So, kamu nggak sendirian! :)

      Cara yang terbaik buat nge-cek pattern keriting kamu adalah: sehabis keramas dan pake kondisioner, coba biarkan rambut kamu mengering sendirinya tanpa banyak handukan, dan tanpa disisir sama sekali. Pakai leave in conditioner sedikit, cuma jangan usik bentuk pattern basah yang sudah ada. Semakin kering, kamu akan makin bisa liat seberapa melingkarnya dia, dan akhirnya bisa ikutin catetan pattern yang udah aku gambarin diatas. :D

      good luck! (wuih panjang bener balesan ku. huahuaa)

      Delete
  8. Haii Jo! So happy nemu blog kamu. Aku langsung baca dr post pertama dan ga tahan buat ga komen di post yg ini.
    Rambutku kayaknya mirip2 dea hivi tp gelombangnya lebih gede2, lebat bgt, helaiannya tebel2, dan kutikulanya kebuka bangetss, soalnya banyak bumps bgt kl dipegang per helainya. Nah jd type apa ya itu rambutku? Hihi.

    Anyway, you're so lucky tinggal di US yg gampang dptin curly hair product. Di indo mah susyeeehh..

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. Rambut kriting sya 3b,,menurut gmbar kmu.. N helaiannya halus (kata teman2 sya),, sumpah sya tu rada bingung tuk ngurusin rambut sya sendiri,, krn produk di indo khusus rambut kriting,, sngtlaah susah,, n,klo di beli online,, sangat mnguras isi dompet,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga suka miris tiap kali mau beli leave-in conditioner. Kerastase gitu harganya 400'an, dan belum tentu cocok juga. Heeuuu... Kalau kamu suka produk apa yang pas di dompet?

      Delete
  12. Halo kak...akhirnya nemu blog yg ngebahas rambut keriting.
    Langsung aja, aku minta saran dong, aku mau potong pendek rambutku,tapi aku nggak tau model yg cocok. Rambutku kering dan aku nggak tau tipe rambutku yg mana, antara 2c ato 3a. Mohon sarannya kaak... makasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haii, makasih udah main ke blog ku!

      Nih, dibawah aku kasih link post-ku yang isinya beberapa foto potongan rambut keriting pendek. Biar jadi bahan inspirasi!

      Saran ku sih, liat garis rahang kamu dan potong pendek di daerah situ, se-dagu atau se-rahang. Dan supaya nggak terlalu ngembang, rambutnya minta di-trap aja (layer rambut terdalam yg terpanjang). Good luck, GD A!

      Link Post-nya: https://bouncesandcurls.blogspot.co.id/2016/01/10-jenis-potongan-rambut-keriting.html

      Delete
  13. Waah... trima kasih kak link dan saran nya...
    Oya... btw stiap abis kramas (pas keringnya) pasti rmbutku ngmbang banget dan nggak teratur, padahal sudah pake conditioner.. kakak tau nggak produk ato bahan alami apa yg bisa aku pake? Karena kdang suka gemes sndiri sama ni rambut

    ReplyDelete

Popular Posts

Instagram