Cara Merawat Rambut Keriting

11:46 AM

Gue sempet ngomongin salah satu produk paling ampuh dalam nanganin rambut keriting yang sering kering dan frizzy; Conditioner. Namun, kamu butuh lebih dari 1 produk untuk menjaga keindahan rambutmu. Berikut ini adalah step by step yang gue lakukan untuk merawat rambut gue. Yang harus diingat, tiap rambut butuh asupan kasih sayang yang berbeda. Jadi, kamu juga harus nemuin apa yang pas untuk kamu. Gunakan tips gue sebagai kerangka saja, ya.

Kamu pasti tau kalau masalah rambut keriting adalah kekeringan yang menyebabkan rambut mudah patah, sulit diatur, dan frizzy (bayangin rambut singa). Saat temen-temen berambut lurus kamu complain soal rambut lepek karena kebayakan minyak, kita complain karena kurang minyak (protein natural sebenernya). Ini karena tekstur rambut keriting menghalangi minyak natural dari kulit kepala untuk turun sampai ke ujung rambut. Ya iya lah ya... Bayangin, tuh minyak harus naik turun setiap kriwel kamu kaya roller coaster tanpa mesin penggerak. Kalau rambut lurus kan tinggal pakai daya gravitasi aja. Huh! *baper*

Intinya, menjaga kelembapan ini akan menjadi fokus dalam setiap step yang kita lakukan. Siap? Sekarang masuk ke kamar mandi!


1. Cuci Rambut

Tugas shampoo disini adalah untuk membersihkan kotoran, polusi ibu kota, dan dosa-dosa manusiawi lainnya. Karena kebanyakan dari kita menghabiskan waktu di dalam ruangan, rambut tidak perlu dicuci setiap hari agar kelembapan bisa tetap terjaga. Gue sendiri cuci 2-3 kali seminggu.

Saat mencuci rambut, fokuskan shampoo di area kulit kepala saja. Toh kotoran-kotoran akan hilang terbawa arus saat kamu membilas rambut. Dengan cara ini, kita tidak mengurangi kelembapan di helai rambut.

2. Conditioner

Kebalikan dari proses shampoo-an, gunakan conditioner di helai rambut dan jangan di kulit kepala. Ini karena kulit kepala kita sudah cukup memberikan asupan minyak natural ke daerah tersebut. Matikan air dan biarkan conditioner meresap di rambut untuk beberapa menit. Ya, konservasi air sebanyak mungkin ;)

Jika rambut kamu panjang dan tebal, gunakan waktu ini untuk detangling atau menyisir rambut hingga tidak ada yang kusut. Caranya, gunakan sisir berjari lebar (lihat gambar) lalu mulai sisir dari daerah bawah. Rapihkan ujung-ujung yang kusut dengan lembut. Jangan ditarik terlalu keras, nanti patah (dan sakit...). Setelah daerah bawah bebas kusut, lanjutkan ke daerah tengah, sisir turun kebawah. Lakukan hal yang sama ke seluruh area rambut. Pada akhirnya, kamu harus bisa menarik sisir dari atas kepala sampai ke ujung rambut dengan mudah. Kuncinya, sabar, Bu... Sabar.


wide tooth comb
Jika rambut kamu pendek, gunakan jarimu untuk memastikan rambutmu bebas kusut. Sambil menunggu, silahkan sabunan, luluran, cukur bulu ketek, atau buat mohawk lalu pura-pura jadi model di depan cermin.

Bilas rambut hingga bersih. Usahakan untuk tidak mengacak-acak rambutmu lagi. Biarkan tanganmu bergerak sesuai jatuhnya rambut. Tidak perlu tarik sana-sini, biarkan tekanan air yang bekerja.

Satu tips lagi, jika bagian tengah-atas rambutmu terasa lebih kering dari bagian rambut lainnya, itu karena curahan shower-mu terkonsentrasi ke daerah tersebut. Sehingga tekanan airnya mengkikis habis conditioner dan minyak natural di daerah tersebut. Pindahkan arah curahan showermu (atau geser kepalanya dikit), dan problem selesai.

Setelah membilas rambut, jangan pegang rambut lagi! 

Biar rambutmu dengan natural membentuk kriwel-kriwelnya yang cantik. Let it go. Let it be.


3. Hair Mask

Gue biasanya memakai hair mask sekali tiap 2 minggu. Silahkan sesuaikan dengan tingkat kekeringan rambutmu. Kalau kamu sering mencatok dan blow rambut, mungkin kamu bisa menggunakannya sekali seminggu. Inget, setelah kamu bilas bersih, biarkan rambut kamu berkelompok, bersekongkol bikin perguruan spiral dibantu oleh air dan bukan jari-jarimu.

4. Keringkan rambut

Oh, kamu pikir proses kelembapan hanya dilakukan saat rambut basah? Tentu tidak. Cara kamu mengeringkan rambut juga berdampak besar ke kelembapan dan bentuk rambutmu.

Tips pertama adalah gunakan kaos untuk mengeringkan rambutmu. Jika kamu punya salon dan tidak mau terkesan unprofessional, gunakan handuk dengan bahan micro-fiber. Kedua bahan ini akan mengeringkan tanpa menguras kelembapan rambutmu.

Gunakan gerakan "puk-puk" bukan "usap-usap" karena rambut kamu nggak lagi masuk angin, atau sedang menangis. Gini... Tadahkan handuk di bawah rambutmu, lalu bungkus sebagian rambutmu ke handuk tersebut sambil mengangkatnya sedikit. Tepuk-tepuk, crunch it lightly, dan pastikan kriwelmu tidak terpisah. Lakukan ini dari bagian bawah ke atas. Minimalkan tarikan dan gerakan-gerakan kasar.

5. Leave-in Conditioner dan Oil

Kalau kamu akan mencatok atau menggunakan hair dryer, skip step ini.

Saat rambut masih setengah basah, gunakan water based leave-in conditioner, atau leave-in berbahan utama air. Jika rambut kamu berjenis kinky curly (atau keriting dengan kriwel ketat seperti per di pen cetek-cetek) atau kamu memang butuh lebih banyak moisture, lanjutkan dengan Oil. Kamu bisa coba Coconut Oil, Shea Oil, even Olive Oil. Minyak ini akan mengunci kelembapan dari Leave-In agar tinggal lebih lama di rambutmu. Jangan taruh minyak ke kulit kepalamu.

Jangan kebalik, ya; water based duluan, lalu oil based leave-in.

6. Extra drying

Biasanya, gue akan skip step ini dan biarkan rambut gue kering sendiri. Gue nggak akan pegang-pegang rambut lagi, sampai dia benar-benar kering. Ini karena gue nggak mau mengusik bentuk kriwel yang sudah ada, dan menjaga agar rambut tidak terlalu mengembang.

Tapi, saat gue harus buru-buru ke kantor, gue akan keluarin blow dryer. Pilih setting-an yang medium atau low, dan gunakan corong atau diffuser. Caranya?



  • Semprotkan heat-protectant spray. Panas dari hair dryer bisa membuat rambut kamu kering. So, moisture safety first.
  • Dengan corong terpasang di hair dryer, bayangkan corong tersebut adalah mangkok dan rambut kamu adalah mie. Masukan mie ke mangkok (sebisa mungkin) tanpa menyentuh mie-nya.
  • Dorong corong ke arah kulit kepala, dan tunggu beberapa detik.
  • Jika ingin lebih banyak volume, lakukan dengan kepala menghadap kebawah.
  • Lakukan hingga setengah kering. Sisanya, biarkan mengering secara alami.

Last tip:

Untuk menjaga bentuk dan tekstur rambut, minimalkan gerayangan jari ke rambut, dan eksposure ke matahari yang berlebihan. Saat tidur, gunakan silk pillowcase atau bungkus bantal dengan silk scarf sehingga rambut tidak tergesek-gesek dan kehilangan kriwelnya di daerah yang kamu tiduri. 

Semoga tipsnya membantu! Tinggalkan komentar kalau kamu mau tau tips menjaga rambut keriting saat liburan, dan saat berenang.

More Curly Stories

8 comments

  1. Hai, kalo bole tahu masing2 merek produk di tiap step yg kamu pake apa dan beli dimana ya? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Selv,
      Produk yang gue pake berubah-berubah terus sih.. Kalau sekarang lagi coba shampoo Acure Organics yang Moroccan Argan Oil. Shampoo ini nggak pake sulfate, jadi nggak ngeringin. Barusan gw check ada yang jual di tokopedia.

      Conditioner gw lagi pake Ren Pure yang Mint. Ini gue pake setiap 2-3 hari sekali, kadang tanpa shampoo. Gue beli pas di Amrik karena disini nggak ada. Dan gue masih blum bisa rekomendasiin conditioner yang dijual di indonesia karena rata-rata pake Silicone. Tapi gue pernah tulis beberapa review produk conditioner, bisa di check:

      Untuk leave in gue ganti-ganti antara Miss Jessie's Pillow Soft Curls, Tigi Ego Boost, atau Shea Moisture's coconut hibiscus curl milk, tergantung kondisi rambut hari itu.

      Hehee jadi panjang yah! >.< Kalau kamu pake apa selama ini?

      Delete
  2. Hai, klo boleh tau, di mana ya kalau mau beli corong hairdryer yg gede gitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Unelmatta, sorry banget baru liat komen kamu. Udah dapet corong-nya? Aku saran cari di toko alat kecantikan/alat salon. Kalau kamu di jakarta, biasanya ada di ITC-ITC gitu, atau di Pasar Baru. If all else fail, cek ke tokopedia ajah.

      Delete
  3. Replies
    1. Untuk sisir dan corong hair dryer biasanya ada di toko alat salon/toko kecantikan. Kalau di Jakarta bisa ke Pasar Baru (toko-toko alat salon-nya ada di lorong deket bakmi aboen), ke berbagai ITC Mangga Dua, Ambassador, Duta Mas. Atau... search di tokopedia. :)

      Delete
  4. itc mangga dua ada y,sis? di lantai berapa pny ya? thx

    ReplyDelete

Popular Posts

Instagram