One Piece Hair Studio Kemang: Curl Friendy?

8:23 PM

Sejak pertama kali gue nulis blog ini, cita-cita gue adalah ngumpulin berbagai nama Hair Dresser dan Salon yang Curl Friendly di Jakarta. Eksperimen pertama mempertemukan gue dengan Mas Muntari, stylist-nya Anna Wijaya di Mall Ambassador yang sampe sekarang gue rekomendasikan. Tapi, kepuasan pertama bukan berarti akhir dari eksperimen kita.

Setelah 2 tahun gue setia sama Mas Mun, kali ini gue memberanikan diri pergi ke sebuah salon jepang di Kemang Village bernama: One Piece Hair Studio by Hisato.

Harga potong di salon ini nggak seperti di Anna Wijaya yang kisarannya 200-300'an. Sekali potong sama Hisato bisa habis 800 ribu. What? Kenapa lo mau ngeluarin segitu banyak buat potong rambut, Jo?? Ehem, hadiah ulang taon, guys... Hadiah.

Gue dateng dengan rambut seperti ini:

Si Model: tampak depan dan tampak samping
Lalu, duduk di kursi salon memberikan foto angan-angan seperti ini -- foto yang gue kasih ke Mas Muntari dulu juga.

Si Model beneran
Beda dengan Mas Muntari yang ngasih sesi konsultasi sebelum potong rambut, di salon ini gue langsung cuci rambut tanpa konsultasi apa-apa.

Let's get real for a second. Lo semua tau rambut keriting yang basah dan yang kering punya bentuk kriwel, tekstur dan panjang yang berbeda. Menurut gue, Stylist yang udah biasa pegang rambut keriting akan langsung ngecek panjang yang diinginkan saat rambut tersebut kering, baru deh cuci-cuci'an. So, lo bisa bayangin gue agak panik gimanaaa gitu... But, I'm easily distracted dan di ceiling tempat cuci rambut ada rentetan TV yang nunjukin style potongan rambut ala Hisato. Menarik loh. Mungkin ini alasan mereka narok TV di sana. Hmm, teknik yang cerdas...

Tuh liat di belakang kanan ada TV di ceiling. Hair wash atau brain wash?
Selesai cuci, gue duduk di salah satu kursi dan langsung disambut oleh Hisato. Gue tunjukin potongan yang gue mau dan dia langsung ngerti. Buat jaga-jaga, gue juga nunjukin foto potongan-nya Mas Muntari dengan panjang yang sama.

Hisato minta izin untuk motong rambut gue dengan teknik-nya sendiri: ngelayer rambut gue dengan bentuk trap kebalik. Jadi, layer bagian dalam di potong lebih pendek dari layer luarnya. Teknik ini bikin rambut keliatan lebih bervolume, dan membentuk tampak samping rambut agar bulet nggak kempes. Well, I'm here. Might as well get the full experience. Ayo aja, Hisato san, gue siap.

Proses potong rambut
Gue ngerasa santai dan seneng dipotong sama Hisato. Mungkin karena personality dia emang asik. Nggak banyak ngobrol, tapi tetep friendly. Sebelum motong, Hisato nanya apa potongannya sependek yang gue mau atau nggak. Ini sign yang bagus loh. Stylist harus nunjukin bentuk dan panjang yang emang diingini sama clientnya sebelum motong itu semua. Dan gue percaya-percaya aja sambil terhipnotis ngeliatin topinya. Apa yang dia sembunyiin di dalem topi itu ya? Mungkin snack...


Ini lah akhir dari potongannya. Verdict? Gue seneng. Emang sih, rambut gue dikeringin pake blow drier dan diuwek-uwek seperti ngeringin rambut lurus. Tapi ya wis lah ya, semua potongan rambut emang baru bisa di-judge setelah gue ngeringin rambut sendiri di rumah.

Gue dengan rambut setengah basah, dan Hisato dengan topinya
Gue dan Keluarga. Birthday dinner setelah rambutnya fully kering. Makasih udah bayarin potongan rambutnya, yah.

1 minggu kemudain. Hasil ngeringin dan styling sendiri. Beda kan dari hasil styling salon?
2 Bulan kemudian, 2nd day hair.
Hisato bener. Potongan-nya beneran bikin bentuk profil kepala kita bulet dan bagus. Emang sih, kepala gue nggak peyang. Tapi, kalo gue ketiduran di mobil nih, pasti bagian belakang rambut gue bakal kempes. And it's not cute when you've got to be presentable the moment you walk out the car! Cara Hisato nge-layer rambut beneran menyelamatkan gue dari problem kempes ini.

Score dari gue? 8 dari 10. Salonnya bersih, costumer service-nya sangat baik, reservasinya juga on time, dan Hisato komunikatif banget ngejelasin teknik potongnya dia, dan berhasil nge-build trust gue. All in all, I'm a happy costumer.

Apakah gue akan kembali? Hmm... dengan uang sendiri mungkin nggak ya. Tapi gue rekomendasiin salon ini buat kalian yang pengen memperbaiki bentuk kepala dengan jenis potongannya Hisato. Ada stylist lain kok, tenang aja. Range harga mereka sekitar 400 ribu'an. Monggo kalau mau di coba.

More Curly Stories

2 comments

  1. Johanna, salam kenal sesama rambut kruwels, aku juga lagi berusaha memaksimalkan tekstur rambut asliku dengan cury girl method. Tapi tipe keritingku ngga sekruwel kamu, agak wavy di bagian atasnya.
    Setelah baca2 blog kamu ini dan liat foto rambutmu sebelum dan sesudah potong rambut, menurutku ya, kamu lebih bagus kalau potongan rambut bagian depan sama atau lebih panjang dari dagu ya. Karena bentuk wajahmu panjang dari telinga ke bawah, lebih seimbang kalau di frame dengan rambut yang panjangnya pas, kecuali kalo wajah bulat, baru cocok potongan super pendek. Kalau aku lihat fotomu yg sebelum potong, menurutku itu lebih bagus dan cocok buat frame wajahmu, lebih pendek sedikit gapapa, tapi jangan super pendek begitu. Menurutku, sekali lagi ya, potongan super pendek gitu semakin membuat wajahmu lebih panjang dan jadi ga seimbang proporsinya antara bagian atas dan bawah wajah.
    Really sorry if you feel offended ya, but i just want to tell you really bad, since I first read ur blog. Heran juga, hair dresser yang pernah kamu datengin apa ga ada yang pernah kasi saran spt itu? but well, if you really like ur hair like that, it is not a sin either, right? the most important is the shine from within, and I see you already have that shine. cheers

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Sisca, makasih ya udah main ke blog ini. Smoga dapet inspirasi buat mempercantik rambutmu yahh.

      Aku nggak offended sama sekali kok, malah seneng dapet ide itu. Ntar ku coba panjangin rambut trus coba sesuai suggestion kamu. Yang ini sebenernya panjang di depan, pendek di belakang juga, tapi ya pendek azah.. Bosen sama rambut panjang. Wkwkwk

      Thanks for the idea yah! Muah muahhh

      Delete